Landasan Penelitian UX User Experience

3 Jenis Metode User Research

By

Sahabat Hen Hen terdapat 3 jenis metode user research yang digunakan dalam siklus hidup pengembangan produk, penelitian desain dilakukan selama tahap desain untuk membantu menginformasikan desain yang dibuat agar sesuai dengan kebutuhan pengguna, dan untuk mengurangi risiko. Setiap kali kamu membuat versi baru dari desain yang kamu buat, penelitian baru harus dilakukan untuk mengevaluasi apakah desain yang dibuat bekerja dengan baik dan apa yang perlu diubah.

metode user reearch

Penelitian dasar selalu dilakukan sebelum seorang UX Desainer memulai sebuah desain. Dalam siklus hidup pengembangan produk, penelitian dasar terjadi selama tahap brainstorming  untuk membantu kamu berempati kepada pengguna, memahami kebutuhan mereka, dan mencari arah desain baru. 

3 Jenis Metode User Research

Penelitian cocok dengan siklus hidup pengembangan produk:

Fondational research

Penelitian dasar selalu dilakukan sebelum kamu mulai mendesain. Penelitian ini meliputi :

  1. Wawancara: Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan informasi mendalam tentang pendapat, pemikiran, pengalaman, dan perasaan orang. Anda akan sering melakukan wawancara terhadap pengguna target Anda sendiri.
  2. Survei: Kegiatan di mana banyak orang ditanyai pertanyaan yang sama untuk memahami apa yang kebanyakan orang pikirkan tentang suatu produk.
  3. Kelompok fokus: Sekelompok kecil orang yang reaksinya dipelajari. Misalnya, grup fokus Anda mungkin menyatukan delapan pengguna untuk mendiskusikan perspektif mereka tentang fitur baru dalam desain Anda. Grup fokus biasanya dijalankan oleh moderator yang memandu grup pada topik percakapan tertentu.
  4. Audit kompetitif: Gambaran umum tentang kekuatan dan kelemahan pesaing Anda. Anda akan melakukan audit kompetitif Anda sendiri nanti dalam kursus, sehingga Anda akan memahami metode penelitian ini dengan baik!
  5. Studi lapangan: Kegiatan penelitian yang berlangsung dalam konteks pengguna atau lingkungan pribadi, bukan di kantor atau laboratorium.
  6. Studi buku harian: Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif tentang perilaku, aktivitas, dan pengalaman pengguna dari waktu ke waktu. Seringkali, pengguna akan mencatat, atau buku harian, tentang aktivitas sehari-hari mereka dan memberikan informasi tentang perilaku dan kebutuhan mereka, yang dapat membantu menginformasikan desain Anda.

Design research

Penelitian desain dilakukan saat Anda mendesain. Dalam siklus hidup pengembangan produk, penelitian desain dilakukan selama tahap desain (tahap tiga) untuk membantu menginformasikan desain Anda, agar sesuai dengan kebutuhan pengguna, dan untuk mengurangi risiko. Setiap kali Anda membuat versi baru dari desain Anda, penelitian baru harus dilakukan untuk mengevaluasi apa yang bekerja dengan baik dan apa yang perlu diubah.

Metode penelitian tambahan yang dapat digunakan untuk melakukan penelitian desain meliputi:

  1. Pengujian A/B: Metode penelitian yang mengevaluasi dan membandingkan dua aspek berbeda dari suatu produk untuk menemukan mana yang paling efektif. Misalnya, Anda mungkin meminta pengguna mengevaluasi dua tata letak untuk beranda aplikasi Anda untuk mengetahui tata letak mana yang lebih efektif.
  2. Studi kafe atau gerilya: Metode penelitian di mana umpan balik pengguna dikumpulkan dengan membawa desain atau prototipe ke domain publik dan meminta pendapat orang yang lewat. Misalnya, Anda mungkin duduk di kedai kopi lokal dan bertanya kepada pelanggan apakah mereka bersedia menguji desain aplikasi Anda selama beberapa menit dan memberikan umpan balik.
  3. Penyortiran kartu: Metode penelitian yang menginstruksikan peserta studi untuk mengurutkan label individu yang ditulis pada kartu catatan ke dalam kategori yang masuk akal bagi mereka. Jenis penelitian ini sebagian besar digunakan untuk mengetahui arsitektur informasi proyek Anda, yang akan kita bahas dalam program berikutnya — Kursus 3: Membangun Wireframes dan Desain Fidelitas Rendah.
  4. Intercepts: Metode penelitian yang mengumpulkan umpan balik di tempat dari pengguna saat mereka terlibat dalam aktivitas yang sedang diteliti. Pencegatan sering dilakukan di lapangan, sehingga jenis penelitian ini sering dianggap sebagai bagian dari penelitian lapangan. Studi intersepsi dapat memberikan umpan balik tingkat tinggi yang cepat

Post-launch Research

Penelitian pasca-peluncuran dilakukan setelah desain selesai dan produk Anda telah diluncurkan. Dalam siklus hidup pengembangan produk, penelitian pasca-peluncuran terjadi setelah tahap peluncuran (tahap lima) untuk membantu memvalidasi bahwa produk tersebut memenuhi kebutuhan pengguna melalui metrik yang ditetapkan.

  1. Pengujian A / B
  2. Studi kegunaan
  3. Survei
  4. Analisis log: Metode penelitian yang digunakan untuk mengevaluasi rekaman pengguna saat mereka berinteraksi dengan desain, alat, dll.

 

You may also like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments