Teknologi

5 Pengembangan Aplikasi Masa Depan 2023

By

Tahun 2022 sebentar lagi akan selesai dan kita semua akan mulai memasuki tahun baru 2023. Jika kita perhatikan, tahun 2022 adalah tahun yang cukup berat untuk kita semua. Dimana di masa pasca pandemi, bisnis di tingkat global berusaha untuk bangkit kembali dari kerugian yang dialami di tahun 2020. Oleh karena itu, banyak yang mencari peluang baru untuk membuat bisnisnya bersinar di persaingan yang akan datang. Terutama dengan cara mentransisikan bisnis nya ke arah digital.

 

Maka dari itu banyak tren teknologi baru akan mulai bermunculan menjelang tahun 2023 untuk menjawab persoalan tersebut. Tren pengembangan aplikasi terutama untuk smartphone dan tablet terus berkembang seiring dirilisnya versi baru aplikasi Android dan iOS.

 

Dalam artikel ini, kita dapat memperoleh wawasan bermanfaat tentang beberapa pengembangan aplikasi dengan melihat tren terbaru :

  1. 5G

    Revolusi industri keempat dimulai dengan kedatangan 5G. Dibandingkan dengan jaringan seluler generasi keempat dan kelima, generasi kelima akan meningkatkan kecepatan dan keandalan secara signifikan dibandingkan yang sebelumnya. 
    Berkat kecepatan jaringan yang 10 kali lebih cepat dan latensi atau keterlambatan yang 50% lebih rendah, 5G akan dapat mengaktifkan AR/VR, mobil self-driving, IoT, dan aplikasi lainnya untuk menunjang kebutuhan bisnis. Serta aplikasi masa depan akan menggunakan kemampuan ini untuk menyelesaikan tugas-tugas yang kita tidak dapat lakukan sebelumnya.
  2. Internet Of Things

    IoT atau Internet Of Things adalah salah satu hal yang terbaik dalam pengembangan aplikasi seluler dan telah menciptakan banyak potensi positif bagi pengguna dan pengembang selama beberapa tahun terakhir ini. IoT dapat mendukung komunikasi dan interaksi di semua tingkatan. Teknologi IoT dengan fasilitas internet hadir di hampir setiap perangkat. Ini sangat membantu di berbagai sektor, termasuk e-commerce, perawatan kesehatan, logistik, dan banyak lagi.
    Dengan IoT pengembang aplikasi dapat melakukan beberapa hal : 

    • Dapat memastikan pemodifikasian yang lebih baik
    • Dapat membuat lebih banyak aplikasi Hybrid
    • Mendapatkan masukan yang lebih detail dan bernilai tinggi
    • Mendapatkan celah detail pasar
    • Dapat mengurangi biaya pengembangan
  3. Aplikasi AR/VR (Augmented Reality/ Virtual Reality)

    Munculnya AR dan VR telah mengubah sudut pandang pengalaman pengguna secara luar biasa. Kedua teknologi ini memberikan pengalaman mendalam kepada pelanggan atau pengguna yang menghasilkan penjualan yang lebih baik untuk bisnis. Dan pengembang aplikasi harus mempertimbangkan teknologi baru ini untuk meningkatkan upaya personalisasi bisnis.
    Dengan AR dan VR, pengembang dapat melakukan beberapa hal :

    • Dapat meningkatkan pengalaman dalam mengunjungi toko
    • Dapat meningkatkan harga jual
    • Memberikan sensasi baru untuk pengguna atau pelanggan
  4. Cloud Computing

    Cloud Computing atau komputasi awan adalah salah satu teknologi terbaik untuk digabungkan dalam pengembangan aplikasi seluler masa depan. Tidak perlu lagi mengembangkan aplikasi untuk berbagai platform dan smartphone. Aplikasi yang menggunakan solusi cloud computing ini dapat dijalankan melalui browser web dan bekerja dengan sempurna di berbagai platform. Data tidak memakan ruang ekstra di smartphone kalian. Karena semuanya disimpan di server dan dapat diakses melalui internet saja. 
    Pengguna dapat menggunakan ruang seluler nya untuk tujuan lain berkat kemampuan aplikasi berbasis cloud computing ini. Pengoperasian aplikasi berbasis cloud computing yang sempurna meningkatkan kecepatan seluler dan menjamin penggunaan aplikasi secara terus-menerus di server yang sifatnya terpusat. Server ini menyimpan semua informasi dan data penting pengguna serta dapat diakses kapan saja. Kemungkinan kehilangan data karena aplikasi crash pun jarang terjadi karena server menjalankan aplikasi tersebut.
  5. AI (Artificial Intelligence)  & ML (Machine Learning)

    Tren terakhir yang diprediksi akan menjadi masa depan pengembangan aplikasi adalah AI (Artificial Intelligence) & ML (Machine Learning). Waktu yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi dapat berkurang secara signifikan dengan machine learning (ML). 
    Namun, meskipun AI dan ML dapat merampingkan pengembangan aplikasi, 2 teknologi ini dapat meminimalkan kesalahan yang mungkin terlewatkan oleh seorang programmer. Beberapa aplikasi seluler yang sudah tersedia mempersonalisasi aspek tertentu dari pesanan konsumen sambil menyertakan komponen AI, seperti chatbot. Industri besar seperti perawatan kesehatan dan ritel akan melihat potensi peningkatan aplikasi bertenaga AI & ML selama sepuluh tahun ke depan.
    Itulah beberapa pengembangan tren aplikasi masa depan yang diprediksikan akan mengalami potensi peningkatan yang signifikan di tahun 2023.

You may also like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments